Search
  • Rumah Tahfidz Mesir

Ujian 30 Juz Bana Fatahillah; Hafiz Ketiga RTM Secara Simbolis, Pertama Secara Realitas.




Tepat pada tanggal 10 September 2020 pukul 12.26 CLT, Bana Fatahillah, mahasiswa Tafsir asal Depok, sah menjadi hafiz di RTM. Ia merupakan hafiz ketiga secara simbolis dan pertama secara realitas.


“Saya anggap ini yang pertama. Bukan berarti saya tidak hormat dengan dua orang sebelumnya—Karim dan Yusuf, tapi memang mereka pernah hafal sebelum masuk RTM. Kalau Bana itu memang di sini dia mulai menghafal.” Begitu ujar ustadz Azwar Anas selaku pembina RTM.


Ujian ini berlangsung dua hari, Rabu dan Kamis yang kurang lebih berjalan selama 12 jam (5 jam di hari pertama, 7 jam di hari kedua) dan dihadiri oleh ustadz Rifki selaku wakil Presiden PPMI, ustadz Irfan selaku gubernur KPMJB, ustadz Ghozali selaku KMNTB, ustadz Heru selaku pembina rumah Tamhid dan ustadz Fatih selaku pembina PWKNW.


Menurut Bana, dua hal yang perlu disiapkan sebelum ujian 30 juz adalah “keyakinan yang kuat” dan “strategi yang matang”. Karena dengan keduanya ujian akan santai dan mudah dihadapi.


Ia juga memberi nasihat tentang urgensi menghafal Al-Qur’an sejak dini dan menjadikannya gerbang mendalami ilmu yang terkait setelah hafiz.


“Lingkup pembelajaran Al-Qur’an itu bukan hanya menghafal, masih ada ilmu-ilmu lainnya. Masih ada Tafsir, ada Asbabun Nuzul, dsb. Jadi selesai menghafal, jadikan itu gerbang menuju ilmu-ilmu selanjutnya” kata putra kedua Dr. Adian Husaini menerangkan.


Ustadz Azwar juga memberi nasihat tentang urgensitas waktu. Beliau menerangkan bahwa waktu itu harus digunakan semaksimal mungkin, karena kalau tidak waktu itu akan terlewat begitu saja dan kita tidak akan mendapatkan apa-apa. Beliau juga menegaskan,

“man talâ’aba bi al-azmân, ushîba bi al-hirmân. (Barangsiapa yang bermain-main dengan waktu maka ia akan terhambat untuk mendapatkan sesuatu)”.

Dengan suksesnya ujian ini ustadz Azwar berharap, tidak ada lagi istilah rumah tahfiz, karena semua rumah itu ada hafiznya dan menjadi programnya.

Acara dilanjut dengan pesan dan nasihat dari para tamu undangan dan ditutup dengan ramah tamah.


Thoriq

271 views

Recent Posts

See All

Jl. Bahauddin no. 26 Gamalia, Hussein, Darrasah, Kairo. 

+201012147959

©2019 by Rumah Tahfidz Mesir.