Search
  • Rumah Tahfidz Mesir

RTM Khatamkan Kitab ‘Arf al-Ta’rif dalam Peringatan Maulid Nabi


Dalam memperingati Maulid Nabi Muhammad Saw. 1441 H, Rumah Tahfidz Mesir Khatamkan Kitab ‘Arf al-Ta’rif yang mengisahkan tentang perjalanan hidup nabi Muhammad Saw. Pembacaan kitab ini berlangsung selama dua kali, Kamis 7&14 November 2019.


Pembacaan kitab ini diampu oleh al-Ustadz Muhamad Azwar Anas selaku pembimbing RTM.

Tidak hanya RTM, al-Azhar dan sejumlah majlis ilmu pun turut mengkhatamkan kitab ‘Arf al-Ta’rif pada peringatan maulid Nab kali ini. Yang mana ini semua menunjukkan keberkahan kitab yang ditulis oleh Ibnu Jazari tersebut.


Acara yang berlangsung di Aula RTM Banin ini dihadiri oleh seluruh santri dan santriwati RTM. Selain pembacaan kitab, acara turut dimeriahkan oleh tim hadroh RTM yang membawakan qasidah berisi pujian terhadap Baginda Nabi Saw.


Bana Fatahillah, Ketua RTM periode ini menyatakan bahwa ini adalah salah satu agenda dalam memeriahkan Peringatan Maulid Nabi. “Ini adalah tradisi baik. Insyaallah majlis pembacaan kitab seperti ini akan kita lanjutkan kedepannya. Bukan hanya pada Maulid Nabi kali ini,” ujar Bana.


Alumni Gontor tersebut turut menghimbau para santri RTM untuk dapat mengambil pelajaran dari kitab tersebut. terlebih sang penulis, yakni Ibnu Jazariy, merupakan ulama yang ahli dan pakar dalam bidang sejarah juga hadis.


Diakhir majlis pembacaan kitab ini, al-Ustadz Azwar Anas mengingatkan akan pentingnya membaca dan mentadaburi perjalanan kehidupan Nabi.


“Sering-seringlah baca sirah Nabi Muhamad. Ini membuat kita intropeksi diri; Sering mengaku sebagai umat dan pengikutnya, namun sangat jauh dari kehidupan dan perilakunya,” ujar pakar qiraat tersebut.


Rep/Red: Despian Riki

67 views0 comments

Jl. Bahauddin no. 26 Gamalia, Hussein, Darrasah, Kairo. 

+201012147959

©2019 by Rumah Tahfidz Mesir.