Search
  • Rumah Tahfidz Mesir

RTM Khatamkan 30 Juz Beserta Kitab Al-Adzkar Selama Bulan Ramadhan




Hari Kamis (21/5) kemarin yang bertepatan dengan malam ke-29 Ramadhan, Rumah Tahfidz Mesir (RTM) gelar acara Khataman Al-Quran serta khataman Kitab al-Adzkar karya Imam An-Nawawi (w. 676)


Solat Terawih 20 rakaat dengan bacaan satu juz yang berlangsung dari awal Ramadhan ditutup oleh al-Ustadz Azwar Anas, pembimbing RTM, dengan bacaan dua juz, yakni juz 29 dan 30, di malam ke-29 kemarin. Dan yang cukup mengejutkan, beliau membaca dua juz itu dalam satu solat dengan menyisakan surat al-Bayyinah hingga An-Nas untuk sisa solat tarawih selanjutnya.


Para santri cukup shock dan kaget dengan pengalaman baru ini. Hampir satu jam lebih mereka berdiri melaksanakan shalat yang haya dua rakaat. Katanya, seperti inilah cara di pondok dulu jika ingin me-mutqinkan hafalan, sebab menguji hafalan di dalam shalat itu lebih berbekas dan ‘menguatkan’. “Ini juga sebagai latihan sekaligus pengalaman, biar Kita ngerasain gimana sih solatnya orang-orang dulu yang katanya sampai berjam jam itu!” ujar ustadz Azwar.


Tidak hanya satu juz dalam satu tarawih, pada Ramadhan kali ini kitab al-Adzkar pun turut menemani santri-santri RTM di setiap 4 rakaat tarawih berlangsung. Menurut ustadz Azwar, hitunghitung ini sebagai waktu rehat dalam terawih, sebagaimana kata tarawih itu sendiri yang berarti istirahat. Sedikit demi sedikit buku itu dibaca hingga selesailah pada hadis terakhir beserta kalimat penutup Imam Nawawi yang kami baca di malam ke-29 tersebut.


Majlis khataman ini turut dihadiri oleh senior sekaligus guru-guru masisir. Ada Ustadz Syamsul dari dan Ustadz Abdul Fatih dari Mustasyar PWKNW Mesir, Ustadz Heru dari Pembimbing Rumah Tamhid, dan tak lupa pembimbing RTM, al-Ustadz Azwar Anas dan Ustadz Qosim Jaelani. Semuanya memberikan nasehat dan petuah tentang berkahnya majlis khataman beserta keutamaan kitab al-Adzkar juga bagaimana semangat penulisnya dlm menuntut, yakni Imam Nawawi.


Setelah menyampaikan petuahnya, agenda ditutup dengan pembacaan doa khataman milik Imam Nawawi yang ia tuliskan di kitab al-Tibyan yg dibacakan oleh al-Ustadz Azwar. Dan kemudian diadakan ramah tamah dengan hidangan yang enak dan lezat.





61 views0 comments

Jl. Bahauddin no. 26 Gamalia, Hussein, Darrasah, Kairo. 

+201012147959

©2019 by Rumah Tahfidz Mesir.