Search
  • Rumah Tahfidz Mesir

Rifqi Tuntaskan Ujian 10 Juz; Jadikanlah Al-Qur'an Sebagai The Way of Life



Pagi hari tadi, tepatnya pada Rabu, 2 Desember 2020, Rifqi Shifa'ul Jamilah yang merupakan santriwati baru di Rumah Tahfidz Mesir sukses menyelesaikan ujian 10 juz pertamanya. Ujian ini disaksikan oleh seluruh santriwati RTM dan berlangsung dengan lancar. Bahkan, walaupun terhitung masih sangat baru di RTM, Syifa (demikian ia biasa dipanggil) ternyata mampu menyelesaikan ujian ini dalam tempo yang terhitung cepat; ia berhasil merampungkan ujiannya dalam waktu empat jam saja!


Syifa sendiri mengaku, dirinya tidak menyangka akan melaksanakan ujian dalam waktu dekat ini.


"Saya baru selesai setoran tiga hari yang lalu. Waktu itu selepas setoran, saya ngobrol dengan salah satu kakak senior dan menanyakan tentang teknis ujian di RTM. Tahu-tahunya, di akhir saya disuruh untuk ujian hari Rabu ini. Bahkan saat itu juga, langsung dikabarkan ke banyak orang kalau saya akan ujian hari Rabu. Mau menolak dan bilang keberatan, saya bingung. Ya sudah, bismillah saya coba saja ujian hari Rabu. Alhamdulillahnya ternyata bisa juga dilewati."


Meski demikian, menurut Syifa tetap ada kendala yang harus dia hadapi ketika mempersiapkan ujian ini. Salah satunya adalah susah fokus dan perasaan khawatir.


"Saya khawatir, bagaimana kalau saya nggak lancar? Waktu yang tersedia untuk mempersiapkan ujian ini juga singkat sekali. Bahkan saya sampai harus 'menyepi' ke rumah kawan saya supaya bisa lebih fokus murojaah." Demikian mahasiswi alumnus Ponpes Al Mukmin Ngruki tersebut bercerita.


Selain itu, ia mengaku termotivasi dengan teman satu almamaternya yang sudah lebih dulu menyelesaikan ujian tahfidz di RTM. "Melihat teman seperjuangan saya sudah mendahului saya ujian, tentu saja saya termotivasi. Saya rasa inilah yang paling memotivasi saya. Kalau orang lain bisa, kenapa kita tidak? Mungkin orang lain mampu melakukannya lebih dulu daripada kita, tapi kalau kita berani mencoba, kita juga akan bisa. Yang membedakan cuma waktunya saja." Ungkap mahasiswi Usuluddin asal Solo ini.


Di akhir, santriwati yang juga sering dipanggil Rifqi ini berpesan kepada kawan-kawannya untuk selalu mengkhususkan dan mendahulukan Al Qur'an sebelum melakukan aktifitas yang lain. "Jadikan Al-Qur'an selalu berada di dalam hati kita, agar dia menjadi jalan pencerah yang menyinari hidup kita. Istilahnya, jadikan Al Qur'an ini 'the way of life'. Kalau sudah begitu, insyaallah semua urusan yang lain akan Allah mudahkan untuk kita.''


Salam Semangat!

Via Nur Karima


87 views0 comments

Jl. Bahauddin no. 26 Gamalia, Hussein, Darrasah, Kairo. 

+201012147959

©2019 by Rumah Tahfidz Mesir.