Search
  • Rumah Tahfidz Mesir

Pertama Kalinya, Santri RTM Langsungkan Ujian 30 Juz Bilghoib dalam Dua Hari

Updated: Mar 6, 2020

Terhitung sejak 2014 sejak awal RTM didirikan, baru kali ini ujian 30 juz bilghoib –yang sering dianggap keramat oleh santri rtm– dilibas habis oleh salah satu santri RTM. Ia adalah Abdul Karim Utsman, mahasiswa Fakultas Ushuluddin Al-Azhar. Dalam waktu dua hari, Mahasiswa asal Surabaya tersebut mampu melantunkan ayat demi ayat dari Al-Fatihah hingga surat An-Nas berdengung.


Khataman yang diadakan dalam rangka rentetan acara Milad RTM yang ke-5 dilaksanakan di Sekretariat RTM Banin. Acara khataman ini dibagi menjadi dua sesi, yakni pada hari pertama saudara Abdul Karim Utsman membaca 15 juz pertama, begitupun di hari keduanya. Ujian ini pun turut disimak oleh seluruh santri RTM beserta pembimbing RTM.


Hal ini pun menjadi antusias para santri dan santriwatinya, termasuk Ismatun Nihayah, ketua RTM Banat. Menurutnya, untuk pertama kalinya di RTM ada yang mampu melewati ujian 30 juz yang mana pasti menjadi sebuah motivasi besar untuk saya pribadi dan teman-teman yang lain karena ujian di RTM sangat ketat dan bukan hal yang mudah, bahkan bagi yang sudah punya hafalan sebelumnya.


“Yang diuji bukan hanya hafalan, tetapi juga mental kita disimak dan didengarkan oleh banyak orang. Saudara kita, Karim telah membuktikan dengan ketekunan dan kemauan yang kuat ujian 30 juz di RTM bukanlah hal yang mustahil. Semoga kedepannya kita dapat mengikuti jejaknya. Amin.” Ujar mahasiswi asal Tuban tersebut.


Apresiasi pun hadir dari pembimbing RTM, al-Ustadz Qosim Jaelani, yang –katanya– akrab disapa dengan elan, mengatakan bahwa urgensitas dari ujian 30 juz adalah untuk menguatkan hafalan kita, atau dalam istilah beliau: biar hafalannya “gak kaleng-kaleng.”


“Kamu akan merasakannya nanti, kalau sudah sibuk-sibuknya… jika hafalannya sudah ‘mantep’ sekalipun kamu tidak sempat murajaah, Kamu pasti akan mudah untuk mengingatnya, tidak perlu mengulangnya dari awal, sebab ini sudah menjadi malakah bagi Kamu,” tegas mahasiswa pascasarjana asal Lombok tersebut.

22 views0 comments

Jl. Bahauddin no. 26 Gamalia, Hussein, Darrasah, Kairo. 

+201012147959

©2019 by Rumah Tahfidz Mesir.