Search
  • Rumah Tahfidz Mesir

Khotmul Quran Bil Ghaib & Doa Bersama Menjelang Termin 1



Jum'at 25/12/20, Rumah Tahfidz Mesir adakan kegiatan khotmul Qur'an sekaligus doa bersama menjelang ujian termin satu universitas Al-Azhar tahun ajaran 2020/2021.


Kegiatan khotmul Qur'an ini diadakan selama dua hari, 20 juz dihari pertama (23/12) dan 10 Juz terakhir hari kedua (24/12). Hari pertama, dimulai dari jam 7 pagi hingga 8 malam, sedangkan hari kedua, dimulai dari jam 2 siang hingga 11 malam.


Kegiatan ini diramaikan oleh santriwan dan santriwati RTM yang terlihat semangat dan antusias dalam memanfaatkan momen ini sebagai ajang murajaah dan melatih mental di depan umum.


Selepas usainya khataman ini, acara dilanjutkan dengan shalawatan dan doa bersama yang dihadiri oleh ustadz Azwar Anas Lc. Diplom. selaku pembimbing Rumah Tahfidz Mesir dan ustadz Syamsul Hadi Lc. Diplom. selaku musytasyar PWKNW.


Di sesi sambutan, Aviv Nafiuddin, selaku ketua RTM menyampaikan serba-serbi tentang acara sekaligus menyingkap makna tersirat dalam tema yang diusung; Khotmul Quran bil ghaib & doa bersama menjelang termin satu.


"Memang tidak kita cantumkan penutupan termin; karena tidak ada istilah tawaqquf untuk Al-Qur'an. Walaupun program RTM berhenti sementara, namun nderes Al-Qur'an tetap berjalan. Intinya, mudawamah ma'a Al-Qur'an lan tazuula bimajiiati al-imtihan!" Tuturnya.


Sambutan selanjutnya, dipersilahkan kepada ustadz Syamsul Hadi. Beliau memberikan al-taujihat wal-irsyaadat seputar ujian yang bisa kita sarikan menjadi lima poin sebagai kisa-kisi mempersiapkan diri menjelang ujian termin di Al-Azhar.


Pertama: Bersihkan hati dari penyakit yang menggerogoti hati. Karena ilmu adalah cahaya, maka membutuhkan hati yang bersih sebagai wadah yang menerima cahaya itu.

Kedua: memperbanyak dzikir dengan Al-Qur'an.

Ketiga: Jangan lupa untuk bersilaturahmi dengan orang tua dan guru-guru. Minta doa dan restu untuk kelancaran pelaksanaan ujian.

Keempat: Bertawassul dengan Rasulullah SAW dan Ahlul bait.

Kelima: Mulai khatamankan dan pahami muqarrar, baik dengan membaca sendiri atau mencari bimbingan untuk memperjelas maklumat.


Di akhir, ustadz Azwar memimpin doa, agar dipermudahkan dalam segala hal, terkhusus ujian Al-Azhar yang sudah berada di depan mata.


Setelah doa dilangitkan dan ikhtiar dimaksimalkan, sisanya tinggal tawakkal. In Syaa Allah kita akan ridho atas segala ketetapan akhir yang Ia tetapkan untuk kita bagaimana pun hasilnya.


Ayu Shafira

36 views0 comments

Jl. Bahauddin no. 26 Gamalia, Hussein, Darrasah, Kairo. 

+201012147959

©2019 by Rumah Tahfidz Mesir.