Search
  • Rumah Tahfidz Mesir

Jalani Ujian 10 Juz, Ayu Shafira Ungkap Rahasia dibalik Semangatnya

Updated: Mar 24, 2020



Ahad--17/11/2019 lalu, Ayu Shafira Indiratama, mahasiswi asal Bogor, Jawa Barat ini berhasil menyelesaikan ujian 10 Juz bil ghaib nya dengan di- tasmi' kan oleh para santriwati Rumah Tahfidz Mesir.


Ayu yang merupakan alumni Ponpes Fathan Mubina ini memulai hafalannya di Rumah Tahfidz Mesir semenjak bulan Maret dengan program non-mukim, sebelum kemudian bergabung di program mukim pada bulan Oktober yang lalu. Menurutnya, ujian 10 juz-nya yang pertama ini memberikan kesan yang sangat mendalam bagi dirinya.


" Ujian kali ini memberikan atsar yang baik bagi saya. Utamanya, untuk lebih semangat lagi (dalam menghafal Al Qur'an), serta melatih mental saya dalam berhadapan dengan orang banyak." Ujarnya.


Mahasiswi jurusan Syari'ah Islamiyah di Universitas Al Azhar ini mengaku belum memiliki kiat khusus dalam menghafal Al-Qur'an. Meskipun begitu, diam-diam ada sebuah perkataan dari Syaikh Muhammad 'Arobiy dalam salah satu talaqqi yang pernah Ayu ikuti, yang mana perkataan tersebut sangat membekas dan selalu menjadi pegangannya selama ini.


"Kurang lebih, pesan Syaikh adalah bahwa sepatutnya seorang penghafal Al-Qur'an itu dikenal dengan shalatnya di waktu malam ketika banyak manusia tertidur lelap, (juga) dengan puasanya di siang hari ketika banyak manusia yang berbuka. Hendaknya mereka melazimi dua amalan ini: shalat tahajjud dan memperbanyak puasa sunnah."


Ayu juga berpesan, agar kita selalu menikmati proses dalam menghafal Al-Qur'an. "Karena semua orang yang mengangkasa, pasti pernah merangkak, lalu berjalan, baru kemudian berlari kencang. Mereka jatuh, namun selalu bangkit lagi. Terperosok, dan bangun lagi. Pokoknya, selalu semangat buat saya dan kita semua!" Pungkas Ayu.


Semoga kita semua mampu mengikuti semangat Ayu yang sangat luar biasa ini, dan berhasil menjadi penghafal Al-Qur'an yang sukses di dunia dan akhirat, aamiin.


Rep: Via Nur Karima

Red: Bana Fatahillah

161 views0 comments

Jl. Bahauddin no. 26 Gamalia, Hussein, Darrasah, Kairo. 

+201012147959

©2019 by Rumah Tahfidz Mesir.