Search
  • Rumah Tahfidz Mesir

Jadikan Al-Qur'an Prioritas! Begitu Pesan Via Usai Sukses Menyelesaikan Ujian 10 Juz

Updated: Mar 24, 2020


Usai menyelesaikan ujian 10 juznya pada Senin (10/02/20), Via Nur Karima, mahasiswi asal Solo yang merupakan santriwati baru RTM, berpesan kepada rekan-rekannya untuk senantiasa meletakkan Al Qur'an di waktu terbaik, bukan di sisa waktu. Atau lebih lugasnya: "Jadikan Al-Qur'an Prioritas!"


Pesan ini ia kutip dari salah satu gurunya saat di Pesantren dulu. Menurutnya, kita sebaiknya menyiapkan waktu terbaik dalam sehari untuk memurojaah hafalan kita, sebelum memulai aktifitas yang lain. Bukan menyisakan waktu. Karena kalau diletakkan di sisa waktu, kita akan selalu punya alasan untuk sibuk atau bahkan menunda dalam membaca al-Qur'an.


“Mungkin ada capek dan letih setelah aktifitas harian yang akan mengurangi konsentrasi kita dalam murojaah. Karenanya penting untuk kita mendahulukan Al Qur'an sebelum yang lain. Insyaallah, dengan didahului Al Qur'an, ada keberkahan dalam waktu dan aktifitas yang kita jalani setelahnya… Selain itu, memurojaah Al Qur'an di waktu terbaik juga akan membuat hafalan kita lebih bertahan lama di ingatan,” ujar mahasiswi Fakultas Bahasa Arab tersebut.


Selama proses tasmi', terlihat para santriwati RTM khidmat dan khusyu' menikmati lantunan ayat-ayat yang terlontar dari mulutnya. Dan yang membuat terpukau, dari awal hingga akhir pembacaan, ia hanya salah satu, selebihnya lancar.


Terkait motivasi dalam ujian, seorang guru pengampu tahfidznya di pondok dulu pernah berkata, bahwa Al Qur'an adalah kitab yang paling utama untuk dihafal dan dipahami oleh penuntut ilmu. Kalau Al Qur'an sudah 'dipegang', maka ilmu-ilmu yang lain akan mudah dipelajari. Salah satu cara agar Al Qur'an itu terpegang adalah dengan ujian, karena ujian merupakan sarana yang ampuh untuk memurojaah hafalan-hafalan yang sudah kita punya. Karena itu, bagi Via ujian ini sangat penting dlm membantu menjadikan hafalan kita lebih kuat dari sebelumnya.


Di akhir ia menyampaikan bahwa sekali kita memutuskan untuk menghafal Al-Qur'an, itu berarti tanggung jawab untuk menjaga hafalan itu akan terus kita bawa seumur hidup. “Adapun menjaganya bisa dengan cara mengulang-ulangnya atau mengamalkan isinya… Mengamalkannya pun nggak perlu muluk-muluk, mulai dari diri sendiri dulu saja sedikit demi sedikit tapi melekat,” ujarnya


Jika pepatah mengatakan biar pelan tapi pasti, maka mbak Pia (sapaan akrab Via) seakan ingin mengatakan: “biar sedikit tapi melekat!”


Rep: Ayu Shafira Indiratama

Red: Bana Fatahillah

158 views0 comments

Jl. Bahauddin no. 26 Gamalia, Hussein, Darrasah, Kairo. 

+201012147959

©2019 by Rumah Tahfidz Mesir.