Search
  • Rumah Tahfidz Mesir

Hafizah Kedua RTM, Zahrotul Mawaddah; Al-Qur'an adalah Pintu Masuk Semua Ilmu



Zahrotul Mawaddah, Mahasiswi asal Demak sukses mengadakan khataman akbar, 30 juz bil ghaib, pada tanggal 17-18 Desember 2020. Ia adalah hafizah kedua yang berhasil menempuh pencapaian ini di Rumah Tahfidz Mesir (RTM).


Ia mengaku sudah menyelesaikan setoran hafalan Al-Qur'an sedari lama, tapi untuk membaca 30 juz bil ghaib dalam dua kali majelis merupakan pengalaman baru baginya.


Sebelum hari-H, selang waktu yang ada ia maksimalkan untuk murojaah. Bahkan ia mengaku, dua bulan sebelum khataman, kualitas dan kuantitas murajaah terus ia tingkatkan, hingga mampu murajaah lebih dari lima juz perhari.


Menurutnya, Alquran adalah pintu masuk menuju ilmu lainnya. Jadi kita harus ingat bahwa ini bukanlah akhir, tapi awal dari sebuah perjuangan.


''Jangan mencukupkan diri dengan yang ada, misalkan jikalau sudah mampu menyelesaikan hingga juz 10, hendaklah ada girah lebih untuk menempuh juz selanjutnya. Walau jika sudah khatam sekalipun, jangan pernah merasa puas dengan pencapain itu. Ada baiknya jika menentukan step selanjutnya, seperti belajar qiraat dll.'' Ujarnya.


Mahasiswi alumnus pondok pesantren Yasin Sunggingan Kudus ini menyatakan bahwa habit yang baik sangatlah penting. Hal itu ia dapatkan mulai dari masa kecilnya, yaitu larangan nonton tv dan main hp sehabis maghrib dan subuh dari orang tuanya. Sehingga ketika Rumah Tahfiz Mesir mengadakan program selepas subuh dan maghrib, ia laksanakan tanpa ada rasa terpaksa sedikit pun. Walau dihadang berbagai kesibukan, murojaah tetaplah harus diprioritaskan.


Di akhir, Mahasiswi Fakultas Dirasat Islamiyah wa al-Arabiyah ini berterima kasih kepada RTM karena telah menjaga hafalannya dan berpesan untuk menargetkan semua pencapain yang sekarang sedang kita perjuangkan, agar tidak ada rasa penyesalan setelahnya.


Nur Habibah Muhammad Yunus

45 views0 comments

Jl. Bahauddin no. 26 Gamalia, Hussein, Darrasah, Kairo. 

+201012147959

©2019 by Rumah Tahfidz Mesir.