Search
  • Rumah Tahfidz Mesir

Bana Fatahillah Tuntaskan Ujian 20 Juz Tepat pada Peringatan HSN

Updated: Nov 14, 2019


Bana Fatahillah, Mahasiswa strata satu Fakuktas Ushuludin Tafsir al-Azhar, tuntaskan ujian 20 juz bil ghoib tepat pada peringatan Hari Santri Nasional (22/10/2019) kemarin.


Pemuda asal Depok, yang juga berkecimpung sebagai Pimpinan Redaksi di majalah La Tansa tersebut terhitung telah memasuki tahun ke-3 nya di Rumah Tahfidz Mesie. Dan Alhamdulillah Ia bisa menyelesaikan ujian 20 juznya dengan baik.


Sambutan hangat pun langsung datang TGB H. Muhammad Azwar Anas, Lc, (pembimbing Rumah Tahfidz Mesir) melalui status yang diunduh di WhatsApp story beliau, "Pemandangan yang udah lama tidak disaksikan, semoga menjadi pemacu semangat untuk terus maju dan berkembang."


Selepas ujian kemarin ia sempat memberi kesan terhadap ujuan ini. Katanya, ujian baca 20 juz bil ghoib ini memang tdk mudah; ini tantangan berat. Tp mau tidak mau ya harus dilewati. "Santuy boleh, tp jangan keasyikan. Yang menantang dikit lah sesekali," pungkasnya.


Selanjutnya alumnus Gontor thn 2014 tersebut memberikan dua Pesan terkait hafalan al-Quran secara umum, dan ujian 20 juz secara khusus:


"1. Selain murojaah, ada satu hal yang —menurut saya— penting. Yaitu: Melakukan interkasi pd diri kita sendiri tentang ayat2 yg biasa kita lupa. Ya kita semacam dialog sama diri kita sendiri gitu. Misalnya: "abis ini ayat apa ya?" "Di juz ini pake huruf wa apa engga ya" "Lembar terakhir juz ini awal nya apa ya?"

Jika ini diterapkan dikeseharian kita, nantinya otak kita akan selalu disibukkan dgn al-Quran, khususnya ayat yg sedang kita hafal. Lupa sesekali wajar. Kalo lupa, bisa ngelirik quran di hp atau quran di masjid. Zaman udh gampang. Sekali lagi, metode spt ini, mnurut saya, punya pengaruh besar dalam hafalan.


2. Jangan lupa jaga interaksi kita sama yang punya Al-Quran. Kalau mau hafal, ya deketin yang punya perkataan ini," jelas Bana.

Rep: Wahyuning Utami

51 views0 comments

Jl. Bahauddin no. 26 Gamalia, Hussein, Darrasah, Kairo. 

+201012147959

©2019 by Rumah Tahfidz Mesir.