Search
  • Rumah Tahfidz Mesir

Awali Kegiatan di Tahun Ajaran Baru, RTM Adakan Kajian Kitab At-Tibyan karya Imam Nawawi



Pada tanggal 12-15 Juli 2020 yang bertepatan dengan hari Ahad s.d Rabu yang lalu, Rumah Tahfidz Mesir mengadakan kajian kitab At Tibyan fii Adabu Hamalatil Qur'an karya Imam Nawawi rahimahullah (w. 676 H), bersama Ustadz Muhammad Azwar Anas Lc. Kajian ini merupakan program pembuka yang mengawali kegiatan RTM pada tahun ajaran baru, dan diikuti oleh seluruh santri serta santriwati RTM.


Mengenai alasan mengapa kitab At Tibyan yang dipilih untuk dikaji, Ustadz Azwar Anas yang juga merupakan pembimbing Rumah Tahfidz Mesir ini mengatakan, “Alasannya adalah karena Imam Nawawi. Beliau adalah bentuk nyata dari semua yang beliau tulis. Apabila wara', zuhud, dan keshalihan itu berbentuk manusia, maka ia semua akan berwujud Imam Nawawi.”


Beliau juga berpesan, hendaklah adab didahulukan di atas segalanya. "Karena menghormati Al Qur'an adalah bentuk nyata praktek kita terhadap pesan Nabi shalallahu alaihi wa salam : Agama itu nasehat, untuk Allah, Rasul-Nya, kitab-Nya .. dan seterusnya."


Selain itu, Ustadz Azwar juga mengatakan bahwa maksud awal dari membaca kitab At Tibyan ini adalah untuk memperbaiki diri kita sendiri. "Janganlah kita melihat kekurangan orang lain dulu, lihat dan sibuklah dengan aib dan kekurangan sendiri. Berusaha meniti jalan para kummal (manusia-manusia sempurna) yang Alloh ciptakan untuk menjaga agama-Nya."


"Pesan-pesan Imam Nawawi dalam buku ini bukan sekedar kata yang terucap dan tertiup angin, bukan sekedar tinta yang hilang terkena air. Tapi semua itu adalah sentilan, bahkan tamparan keras bagi kita yang masih meremehkan Al Quran." Demikian Ustadz Azwar melanjutkan.


Dan yang terakhir, beliau berpesan agar kita sering-sering menelaah ulang kitab ini. Bukan sekedar menelaah, namun juga dengan cucuran dan linangan air mata. "Satu mata untuk menangisi pendahulu kita yang begitu tinggi adab dan kramanya di hadapan kitab suci. Satu mata lagi menangisi dan meratapi keadaan kita sekarang yang begitu jauh dari ajaran-ajaran mereka rohimahumullooh."


Kajian ini mendapat antusias yang baik dari santri2 RTM, khususnya mereka yang baru masuk. Menurut Bana, ketua RTM saat ini, santri baru RTM sangatlah senang dengan kajian kitab At-Tibyan ini. Selain senang karena dapat mengkaji kitab At-Tibyan yang populer dikalangan pelajar, majlis ini juga menyadarkan mereka tentang pentingnya adab sebelum berinteraksi dengan al-Quran.


“Bukan hanya anak baru saja. Santri lama pun turut senang dengan majlis At-Tibyan ini. Kita semua seperti disadarkan oleh imam Nawawi tentang pentingnya adab terhadap Al-Quran,” ujar Mahasiswa asal Depok tersebut.


Semoga lewat keberkahan kitab ini Allah ta'ala selalu tuntun kita dengan Al Qur'an dan mengizinkan kita semua untuk menjadi ahli Qur'an yang mendapat petunjuk, juga syafaatnya di dunia dan akhirat. Aamiin.


Rep: Via

131 views0 comments

Jl. Bahauddin no. 26 Gamalia, Hussein, Darrasah, Kairo. 

+201012147959

©2019 by Rumah Tahfidz Mesir.